Maryamah Karpov

Category: Books
Genre: Other
Author: Andrea Hirata
Hhh…akhirnya tamat juga baca buku setebal 502 halaman ini. Lama juga, hampir 2 minggu. Tapi gak setiap malam dibaca sih..
Maklum, ketahanan dan kecepatan membaca sudah menurun sekarang. Tapi, satu hal yang pasti buku ini memang bukan buku yang bisa kubaca dengan meloncat-loncat sekedar untuk mengikuti jalannya cerita. Terlalu sayang melewatkan lembar demi lembar tutur cerita Andrea Hirata yang memukau ini. Di buku ini dia banyak bercerita tentang budaya dan kebiasaan orang melayu dan cara bertuturnya pun sangat melayu.Jangan berharap ada cerita tentang apa dan siapa Maryamah Karpov dalam buku ini, karena memang hanya sedikit disebutkan namanya. Mimpi-mimpi lintang? Bolehlah meskipun hanya juga hanya sedikit. Yang masih teringat dibenak saya (karena begitu banyak dicerita AH) adalah orang-orang Melayu para tetangga si Ikal itu.

Cara bercerita AH masih enak, itulah sebabnya maka saya tidak bisa membacanya dengan cara meloncat-loncat atau skimming.
Tapi membaca buku ini dari awal hingga pertengahan, saya kira buku ini tidak bisa dimasukkan sebagai memoar atau kisah nyata.
Banyak hal yang bombastis atau perlu dipertanyakan jika itu adalah memoar. Jadi anggaplah buku ini sebagai fiksi dimana penulis sah-sah saja untuk menggunakan imajinasinya sebebas mungkin, maka Anda tidak akan terganggu oleh pertanyaan2 seperti: kok bisa ya seorang lulusan S2 dari luar negeri hanya berdiam di kampungnya mengerjakan hal-hal yang tidak berhubungan dengan
bidang ilmunya?. Fiksinya makin kentara , tapi juga bikin seru dan menarik, pada bagian kisah pencarian A Ling yang melibatkan paduan sain (fiksi ilmiah) dan supranatural.

Secara keseluruhan buku ini enak dibaca, humornya segar dan bernas dan kisah petualangannya seru. Saya biasanya suka pada happy ending, tapi kali ini saya suka ending yang diberikan AH. Indah, puitis…meskipun tidak happy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s