Hujan, aku dan lagu-lagu

Seperti pernah kukatakan sebelumnya, aku suka hujan dan hal-hal tentang hujan. Banyak lagu yang bercerita tentang hujan dan hampir semuanya aku suka. Waktu duluu…sekali dimana lagi nostalgia pernah in, aku suka lagu “Rain and tears”, apalagi kalo lagi sedih. Semula kupikir semua lagu tentang hujan adalah lagu sedih, lagu patah hati, tapi ternyata enggak tuh…Masih dari lagu oldies ada lagu “Raindrop keep falling on my head”, bernada lumayan riang dan berisi optimisme.

I wouldn’t stop the rain by complaining
Because I’m free
Nothing’s worrying me…

Zaman kuliah, saya kenal Barry Manilow dan suka dengan suara dan lagu2nya. Belakangan ada lagu “I made it through the rain” yang jadi salah satu lagu favorit saya. Meskipun terdengar mellow, lagunya positif dan optimis lho. Check this out:

I made it through the rain
I kept my world protected
I made it through the rain
I kept my point of view
I made it through the rain

And found myself respected
By the others who
Got rained on too
And made it through

When friends are hard to find
And life seems so unkind
Sometimes you feel so afraid
Just aim beyond the clouds
And rise above the crowds

And start your own parade
‘Cause when I chased my fears away
That’s when I knew that I could finally say

Masih banyak lagi lagu tentang hujan yang aku suka. Baru-baru ini aku juga lagi suka “Hujan” dari Utopia yang ada di album soundtrack “cintapucino”. Selain emang enak didengar, ada bait yang “aku” banget:

Aku bisa tersenyum sepanjang hari
karena hujan pernah menahanmu di sini
untukku....

Mengingatkanku pada suatu saat di masa ABG. Dimana ada seseorang yang diam2 aku kagumi, suatu saat mampir ke rumah untuk bertemu adikku (dia emang kenalan adikku. Senior di Pramuka). Saat itu hujan turun dan listrik mati. Jadilah dia tinggal lebih lama. Aku jadi ikutan gabung mereka. We had a very good time, talking and laughing at his joke. By the candle light…Hi..hi..hi…norak ya?

Masih tentang hujan, puisi favoritku adalah “Hujan bulan Juni” nya Sapardi Joko Damono. Aku ingat waktu masih kecil aku pernah baca buku Bahasa Inggris SMA punya Oom-ku yang di dalamnya ada puisi “How beautiful is the rain”. Waktu itu aku masih SD tapi aku udah suka bahasa Inggris. Dan meskipun belum mengerti sepenuhnya, aku suka puisi itu. Aku lupa persis kata2nya. Tapi intinya menceritakan betapa indahnya hujan yang turun di atas genting (eh, itu mah lagu anak2 ya?). Apalagi setelah hari yang panas.

Aku juga suka bau tanah yang baru tersiram hujan. Aku suka jalan-jalan dalam gerimis. Apalagi kalau gerimisnya tipis, halus tanpa suara. Salah satu hal yang kuanggap romantis (yang belum pernah kesampaian dalam hidupku) adalah berjalan dibawah rinai gerimis bersama seseorang yang aku cintai. Aku pernah menceritakan ini kepada seorang teman di dunia maya. Dan dia bilang, dia ngakak habis-habisan baca tulisan tentang mimpi romantisku ini. Dasar cowok tidak romantis…

Aku sepakat dengan Utopia yang bernyanyi “Aku selalu bahagia saat hujan turun…”. Kalo ada hal yang tidak kusuka (pasti orang lain juga gak suka) dari hujan adalah banjir. Tapi alhamdulillah, aku gak sering berhadapan dengan banjir. Waktu masih tinggal di Jakarta, daerahku sangat jarang kena banjir. Malah ada kenangan manis waktu kecil tentang hujan dan banjir. Waktu itu hujan turun deras dan sempat masuk halaman, eh setelah surut aku malah nemu uang.Senengnya…bisa buat jajan. Karena saat itu aku gak dibiasakan diberi uang jajan

Tapi, kata Mamaku waktu aku kecil aku tuh sangat takut hujan. Boro-boro suka hujan-hujanan. Baru mendung aja, aku langsung cepat-cepat lari pulang. Aku juga samar-samar ingat, sewaktu kecil takut lihat ramalan cuaca di TVRI setelah berita. Karena ilustrasinya ada angin, mendung yang gelap, terus hujan disertai petir.

Waktu aku kuliah di Bandung, aku merasa hujannya sangat bersahabat denganku. Karena turunnya biasanya sore atau siang setelah cucianku kering. Sekarang di Sukabumi juga seperti itu. Tapi mungkin yang paling indah dari hujan adalah sesaat setelah reda dan pelangi muncul di langit. Hmm…indahnya… dan tak kan pernah aku bosan mengagumi ciptaan Allah yang satu ini.

10 N0vember 2008

Leave a Reply

