Lihat kebunku….

Weekend ini, aku di rumah saja. Kesempatan buat ngurusi tanaman yang agak terabaikan selama ini. Apalagi karena ada stek begonia dari seorang teman yang harus segera ditanam. Wah ternyata memang beberapa tanamanku tampak merana, beberapa perlu repotting dan beberapa lagi perlu disiangi. Tapi beberapa tanaman malah memunculkan bunga-bunga cantiknya. Ada anggrek vanda biru yang mengeluarkan calon bunga. Anggrek ini kubeli sejak kecil dan lammaaa… sekali baru berbunga. Bunga kali ini baru yang kedua. Bunga pertama tahun lalu munculnya.

Bunga lain yang bikin saya bangga adalah adenium. Gak istimewa banget sih sebenarnya, tapi yang bikin bangga adalah karena ini hasil stek sambung yang berhasil kukerjakan sendiri. Jadi dalam satu pot ada 2 jenis bunga; satu yang merah banget seperti jenis diablo, satunya lagi yang pink seperti biasa. Pot-pot adenium ku banyak, tapi masih kecil-kecil.

Koleksiku lainnya adalah begonia. Tanaman ini bandel, gak perlu perawatan tapi kalo terawat, cantik juga. Bulan lalu aku baru beli 2 jenis baru dari Melrimba dan sekarang sudah kupecah jadi 3 pot. Kemarin dapat tambahan 2 jenis lagi dari Bu Ummi.

Lainnya gak terlalu istimewa, tapi sebenarnya cantik2 kok. Ada dahlia, torenia si mungil yang gampang tumbuh dan rajin berbunga, euphorbia, violces, rhododendron/azalea, anthurium mini, krisan dan bunga merah yang aku gak tahu namanya. Hidrangea, snapdragon dan gardenia lagi males berbunga. Kurang diperhatikan sih. Yang paling bandel adalah bunga pacar. Bahasa Inggrisnya busy-lizzie. Dia rajin sekali berbunga dan berkembang biak, bijinya menyebar kemana -mana dan tumbuh di sembarang tempat. Sering sekali kubuangi anak-anaknya.

Sebenarnya bunga favoritku itu mawar. Aku punya mawar merah yang cantik. Dulu kubeli bibitnya dari Balai Tanaman Hias di Cianjur. Sebenarnya ini jenis mawar potong, tapi karena perawatannya tidak sebaik perawatan bunga potong, bunganya tidak terlalu besar. Mawar lainnya adalah mawar jingga dari Cipanas. Tinggal 2 ini koleksi mawarku. Yang lainnya mati satu persatu. Beberapa waktu yang lalu pohonnya baru kupangkas, sekarang mulai tumbuh kuncup bunganya. Tinggal tunggu mekarnya. Sayang kecil-kecil dan cuma sedikit.   Tapi kalo nanti kuperhatikan lagi pasti bagus. Kalau kita sayang dan kita perhatikan, tanaman akan membalasnya dengan memberi kita bunga yang cantik.

Yang pasti bunga-bungaku mengundang kupu-kupu cantik. Saya juga suka kupu-kupu. Tiap hari mereka beterbangan di kebunku. Sayang, si cantik yang lembut ini ternyata lincah juga. Sampai saat ini saya belum bisa mengambil gambarnya. Ada yang tahu trik memotret kupu-kupu? Kasih tahu tips nya dong…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s