New Year Resolution

Tahun baru tinggal beberapa hari lagi. Tapi bukan karena itu, aku lagi menyiapkan daftar “Things to do in 2012” . Entah kebetulan atau tidak, yang pasti aku lagi semangat pengen menjadi lebih baik. Gak nunggu 1 Januari 2012 sih, sekarang pun sudah pelan-pelan dimulai. Aku baru aja beranjak dari titik terendah semangat kehidupan. Beberapa waktu yang lalu aku dilanda rasa malas yang luar biasa. Malas untuk bekerja, merasa galau yang gak jelas, makan semaunya  juga malas beribadah kecuali yang standar2 aja (untung aja masih ada sedikit kebiasaan baik yang bisa dipertahankan).It felt like I have to drag myself to live through the day.

Ternyata capek juga berada di titik itu. Something has to be done. Gak bisa begini terus. Apalagi sekarang udah hampir liburan. Saatnya berbenah diri. Mumpung lagi gak banyak tugas. Sebenarnya, dari dulu seberapa pun tugas yang ada, gak pernah jadi masalah. Yang lebih sering jadi masalah adalah bagaimana menghadapi day-to-day routine dengan murid-murid. Sometimes they can really get on my nerve. Juga dengan suasana kerja yang gak bikin semangat sama sekali.  Tapi aku sadar, aku gak bisa merubah mereka atau keadaan yang ada. Akulah yang harus berubah, entah untuk sekedar bisa bertahan atau, syukur-syukur, bisa merubah keadaan menjadi lebih baik.

Untuk itu pilihannya adalah: aku harus jadi pribadi yang lebih kuat, pribadi lebih baik. So I start to think what can I do to accomplish this. Gak semua tentang “kerja” sih yang kupikirkan, aku juga memikirkan beberapa hal menyenangkan yang juga ingin kulakukan. Gak salah kan? Bukankah untuk jadi pribadi yang lebih baik, kita harus jadi pribadi yang berbahagia? Tapi saat memikirkan hal itu, ada beberapa hal yang agaknya saling bertentangan atau membuatku harus memilih mana yang harus didahulukan. Misalnya nih, tahun ini aku pengen traveling ke Padang, Singapur dan Malaka. Tapi di sisi lain aku harus berhemat, karena aku punya rencana yang lebih besar yaitu merenovasi rumah agar nyaman untuk ditempati. Belum lagi pilihan antara sekolah lagi atau umroh ya?

Kuliah lagi. Ini sebenarnya sudah lama jadi keinginan. Rasanya tahun ini harus bisa dilaksanakan. Tapi bersama itu ada serangkaian komitmen yang harus dipikirkan: Pertama dan yang paling besar BIAYA. Setelah itu waktu dan perijinan dari kantor tempatku kerja. Selanjutnya tenaga dan pemikiran. Apalagi aku juga punya komitmen di asosiasi profesi dimana aku jadi salah satu pengurusnya.

Hmmm…bingung jadinya. Confusing yet exciting. Year 2012 is getting closer but I still can not make up my mind to finish my new year resolution list. Gimana dong…?

28 Desember 2011

Leave a Reply

