Mohammed

Ada salah satu episode film seri Dr Quin MD yang menarik perhatianku. Episode itu adalah episode ke-9 di season 1 yang berjudul A Cowboy’s lullaby. Bukan isi cerita yang menarik perhatian, tapi percakapan di awal cerita saat Dr Mike dan anak-anak sedang makan malam.

Saat itu, anak-anak sedang memperhatikan kartu nama Dr Mike yang baru datang. Seperti biasa Brian, selalu menanyakan apa arti kata atau istilah yang tidak dimengertinya. Misalnya dia menanyakan apa itu MD. Lalu dr Mike menjelaskan bahwa MD adalah singkatan dari Medicina Doctor bahasa latin yang berarti dokter di bidang kesehatan. Sebenarnya ada salah spelling dalam penulisan Colorado, tapi kata Dr Mike butuh waktu 4 bulan untuk memesannya lagi dari Boston. Dia tidak bisa menunggu. Banyak orang yang sakit, tapi enggan pergi berobat ke kota. Maka ia sendiri yang akan memperkenalkan diri ke masyarakat yang tinggal agak jauh dari kota. Dia lalu menyampaikan ungkapan (atau pepatah) yang menarik, yaitu “If the mountain won’t come to Mohammed..”, yang lalu dipotong oleh Brian yang menanyakan siapa itu Mohammed. Jawaban dr Quin sungguh bersahabat menurutku, dia bilang he’s a very wise man, yang sadar bahwa kadang-kadang dalam hidup ada hal yang harus dilakukan suka atau tidak suka.

Aku tertarik untuk membahas ungkapan dalam bahasa Inggris yang lengkapnya berbunyi: If the mountain won’t come to Mohammed, then Mohammed will come to the mountain.  Arti dari ungkapan tersebut adalah jika cara yang kita lakukan tidak berhasil, maka gunakan cara lain.

Ungkapan ini berasal dari tulisan Francis Bacon tahun 1625 yang berjudul The Essay. Dimana di situ diceritakan bahwa Mahomet atau Mohammed ingin menunjukkan bahwa dia punya kekuatan untuk memanggil siapapun termasuk gunung atau bukit.
Tentu saja cerita ini tidak pernah ada dalam sejarah Islam. Tapi buat saya cukup menarik bahwa ada pepatah yang menggunakan nama Mohammed dalam bahasa Inggris. Isi ungkapan tersebut sebenarnya tidak buruk atau menghina Nabi, meskipun jika kita telusuri awalnya berasal dari kisah karangan semata. Bukan dari sejarah Islam yang sebenarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s