Oz diary: Part 3 – Minggu pertama (sambungan)

Minggu ini memang programku belum dimulai, tapi Karen sudah memberikan jadwal untukku. Dia juga memberikan beberapa jurnal dan link di internet untuk kubaca dan pelajari. Hadeuh…banyak lho. Udah gitu dia pun membuat workshet untuk memastikan saya dapat menarik pelajaran dari apa yang saya baca.

Saya pun mulai belajar pergi sendiri tanpa didampingi Karen. Pertama ke Chermside. That was easy cos it’s quite close from our place. Then I tried to go further to Holland Park. Hari itu hari Jumat, saya ingin lihat mesjid tertua di Brisbane. Ngecek di translink.com sih, rutenya gak ribet. Cuma perlu ganti bis sekali di Cultural Center Station, turun di perhentian bis di Mt. Gravatt no 34, terus jalan deh… Tapi rada gak yakin juga sih, abis penumpangnya sedikit, terus pada turun di salah satu perhentian. Kirain itu Cultural Centre Station tujuan akhir bis. Ternyata masih jauh, lewat tunnel dan gak berhenti2 sampe City. Masuk kotanya, saya mulai mengenali daerah yang pernah kukunjungi 4 tahun yang lalu. Di tahun 2010 saya pernah ke Brisbane untuk menghadiri IASL Conference. Kami menginap di Edmonton Motel yang dekat dengan wilayah City.

Naik bis berikutnya saya agak bingung juga nih. Daerahnya asing. Saya lihat perhentian busnya pun tidak selalu berurutan. Akhirnya, saya ke Pak supirnya aja bilang bahwa saya mau turun di bus stop no 34. Ternyata ada seorang muslimah asal Bangladesh yang juga mau ke mesjid itu. Kami pun jalan bersama menuju mesjid. Sampe disana dia memisahkan diri. Ya sudah saya sendirian lagi. Ini berlangsung sampe sholat Jum’at selesai. Dan saya pun pulang sendiri dengan rasa agak bingung dan gak yakin dari sebelah mana saya harus naik bis. Udah gitu karena itu public holiday, bis tidak beroperasi sebagaimana biasa. Saya udah coba nyebrang karena secara logika kalo saya mau kembali ke Cultural Center saya naik bis yang arah sebaliknya dari yang awal dong…Tapi halte di seberang ternyata nomornya beda dengan petunjuk dari translink. Ya udah deh, ikuti petunjuk yang ada aja. Setelah lebih dari 30 menit akhirnya bis yang kutunggu tiba. Benar aja bus itu ternyata berhenti di terminal akhir Garden City, bukan ke Cultural Center. Kata supirnya saya harus turun ke bawah ke platform 1 untuk naik bis yang ke CC. Untungnya ada anak muda entah Korean atau Japanese, yang menunjukkan no bis yang harus saya naiki dan perhentiannya. Kebetulan mereka pun naik bis yang sama tapi turun duluan di South Bank. Anak muda yang baik… Ah, saya memang yakin kok bahwa saya akan baik2 saja dan akan ada yang menolong jika saya tidak tahu jalan.

Karen agak kaget waktu saya bilang mau ke mesjid itu sendiri. Dia tahu itu jauh. Dia menawarkan mau mengantar ke mesjid terdekat lain kali. Dia juga menanyakan apa saya perlu waktu khusus setiap minggu untuk ke mesjid. Dia bisa menjadwalkan setiap hari Jum’at saya hanya setengah hari dan sorenya digunakan untuk de-brief kegiatan seminggu dengannya.

Hari Sabtu, Karen mengajak saya ke taman dimana ada pantai dan pertunjukan musik. Kukira itu disekitar South Bank dan mungkin kita bisa lihat Royal Couple (Prince William & Kate Middleton) tapi ternyata bukan. Dia membawaku ke Sandgate Park. Disana ada pantai yang menurut Karen biasa aja, tapi suasana asyik. Disana ada taman, pantai dan dermaga. Yang paling menarik perhatianku adalah rumah disekitar wilayah itu. Kebanyakan rumah lama dengan bentuk rumah panggung. Masih banyak yang terbuat dari kayu di sekitar itu tapi tetap bagus dan kokoh. Di sudut jalan ada kafe, namanya Cafe on the Park. Kami beli makanan disana dan kemudian kita gelar tikar dan kursi lipat menikmati makan siang dan suasana di sekitar. Katanya akan ada pertunjukan musik jam 1 siang, tapi ditnggu belum juga ada. Akhirnya kami berjalan2 ke pantai lalu mampir duduk di kafe karena ternyata live-musicnya ada di sana. Musiknya Jazz enak banget didengerin di suasana yang santai seperti itu. Ternyata pemusiknya teman Karen. Saat istirahat mereka menghampiri meja kami dan ngobrol. Karen mengenalkan saya pada mereka. It was such a nice day…

Foto-fotonya lihat disini ya….

Leave a Reply

